Raja Ampat Berencana Bangun Dermaga Marina

Dengan kehadiran dermaga marina, diharapkan Raja Ampat dapat menjadi destinasi wisata kapal pesiar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo berencana membangun dermaga marina baru di Raja Ampat, Papua Barat. Dengan kehadiran dermaga marina, diharapkan Raja Ampat dapat menjadi destinasi wisata kapal pesiar

Dengan pembangunan dermaga di Teluk Kabui tersebut, Yusdi mengatakan kapasitas dermaga dapat menampung hingga 100 yacht. Jika pembangunan dermaga marina di Teluk Kabui terealisasi, lanjut Yasdi, dapat menjawab kebutuhan wisata marina.

“Untuk luas belum dihitung, kalau yang di Waisai luasnya satu hektar. Tinggal cari investor yang mau. Nilai investasinya 200 miliar,” ujar Yusdi.

Sementara dermaga marina mini tersebut terletak di Waisai. Pada tahun ini, Yusdi menjelaskan hal yang dapat dilakukan adalah menambah fasilitas-fasilitas di dermaga seperti air, AC, dan juga cafe.

Berdasarkan data jumlah kunjungan wisatawan Disbudpar Raja Ampat, sebanyak 12.000 orang mengunjungi Raja Ampat pada bulan Oktober, wisatawan yang mendominasi adalah dari Eropa dan Amerika. Saat berwisata, Yusdi menambahkan wisatawan akan tinggal selama 10 hari untuk untuk melakukan aktivitas menyelam (diving).

Bupati Kabupaten Raja Ampat, Marcus Wanma saat jumpa pers mengatakan bahwa grafik kunjungan wisman sejak tahun 2007 hingga 2014 terus mengalami peningkatan. Pada awal pengembangan Raja Ampat tahun 2007, ia mengatakan jumlah kunjungan wisman sebanyak 1.118 orang dan pada tahun 2014 sebanyak 12.296 orang.

Sumber: Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s