Bali Persiapkan Tiga Pelabuhan untuk Wisata Bahari

pelabuhan benoa. foto kredit: commentatorcruise

pelabuhan benoa. foto kredit: commentatorcruise

Provinsi Bali mempersiapkan tiga pelabuhan untuk menyambut wisata bahari dari berbagai negara. Tiga pelabuhan tersebut di antaranya Benoa di Denpasar, Tanah Ampo di Kabupaten Karangasem, dan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng.

“Kita memperispakan tiga pelabuhan, yaitu Benoa, Tanah Ampo, dan Celukan Bawang. Jadi semuanya masih dipersiapkan dengan matang untuk memberikan kemudahan bagi kapal-kapal wisata yang akan bersandar di pelabuhan nantinya,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Anak Agung Juniarta Putra saat dihubungi Kompas.com, Denpasar, Bali, Sabtu (7/2/2015).

Agung Juniarta juga menjelaskan, untuk kondisi Pelabuhan Benoa memang sudah pernah disinggahi kapal-kapal pesiar dan kapal yacht. Bahkan pada 2014 lalu, Pelabuhan Benoa sudah pernah disinggahi sekitar 50 kapal pesiar. Oleh karena itu, ke depannya tetap dipikirkan untuk perbaikan dan meningkatkan fasilitas yang akan agar bisa terlayani dengan baik.

“Kalau Pelabuhan Tanah Ampo masih dalam perbaikan dan masih mengajukan anggaran ke pusat untuk pembangunan sandaran kapal. Kekurangan sandaran itu sekitar 200 meter. Dulu di Tanah Ampo sudah dibangun sekitar 150 meter untuk sandaran kapal, ternyata masih kurang panjang. Sementara untuk Pelabuhan Celukan Bawang, juga sama, harus diperbaiki agar layak untuk disinggahi kapal pesiar,” tambahnya.

Untuk saat ini, hanya Pelabuhan Benoa yang dinilai masih bisa untuk disinggahi kapal pesiar hanya perlu perbaikan. Sementara untuk Pelabuhan Tanah Ampo dan Celukan Bawang ditargetkan selesai tahun ini agar bisa digunakan.

Sumber: Kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s