Kepulauan Seribu Butuh Tambahan Kapal dan Pembenahan Pelabuhan Kali Adem

riuh rendah Pelabuhan Muara Angke

riuh rendah Pelabuhan Muara Angke

Wilayah utara DKI Jakarta yang terpisah perairan membutuhkan sarana penghubung. Pertumbuhan Kota Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu masih timpang, padahal masih dalam satu wilayah.

Untuk mendukung percepatan pembangunan wilayah Kepulauan Seribu, Pemerintah DKI Jakarta sewajarnya menyediakan armada kapal serta pelabuhan yang andal dan ramah lingkungan. Setiap tahun, perpindahan penumpang, baik penduduk maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu semakin meningkat.

Dikutip dari buku Dengan Transportasi Air Kita Jangkau Seluruh Pelosok Nusantara yang dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan tahun 2014, pada 2012 Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meresmikan Pelabuhan Kali Adem yang lebih layak untuk penumpang, guna memenuhi tingginya permintaan pertumbuhan penumpang yang hilir mudik antara Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Namun, karena jumlah armada kapal yang belum mencukupi maka penumpang yang menyebrang dari pelabuhan tersebut terus menurun, bahkan tetap memilih menyeberang dari pelabuhan Ikan Muara Angke yang kondisinya sangat tidak layak untuk penumpang.

Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan kabupaten administrasi di DKI Jakarta yang terbentuk 12 tahun lalu. Kepulauan Seribu memiliki jumlah penduduk sekitar 20 ribu jiwa yang tersebar di sebelas pulau.

Beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu, antara lain Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Lancang, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Sebira, Pulau Onrust, Pulau Bidadari, Pulau Semak daun, Pulau Rambut dan masih banyak lagi.

Karena Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau Indah di sebelah utara Jakarta yang terpisahkan air, untuk itu sesuai UU 17 Tahun 2008, sebagai sebuah subsistem transportasi nasional, sudah sewajarnya Pemprov DKI membenahi kembali Pelabuhan Kali Adem agar masyarakat mau menyeberang dari pelabuhan tersebut.

Selain itu, penambahan kapal cepat dan kapal angkut dengan kapasitas besar yang bersubsidi juga perlu ditingkatkan.

Sumber: Jurnal Maritim

Rental Speedboat Jakarta menyewakan berbagai tipe Speedboat , Yacht dan Kapal Layar untuk keperluan wisata pulau Kepulauan Seribu memancing,nyekar, larung, pre wedding, dan survei

info@bigsmiletravel.com

021 60547361

081398631454, 085781222647(WhatsApp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s