Wajib Baca: Tips Menghindari Mabuk Laut

Anda akan melakukan perjalanan laut dalam waktu dekat? Apabila Anda adalah orang yang terbiasa dengan perjalanan laut, mabuk laut kemungkinan besar sudah tidak ada dalam kamus Anda lagi. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan kapal sebagai moda transportasi, mabuk laut mungkin menjadi ketakutan tersendiri.

mabuk laut

ilustrasi mabuk laut

Tak perlu panik, Anda dapat menghindari mabuk laut dengan beberapa tips berikut:

  1. Pastikan perut Anda terisi tetapi jangan terlalu kenyang.
  2. Minumlah obat anti mabok kurang lebih 15 menit sebelum keberangkatan.
  3. Jika bisa memilih dan ada beberapa armada yang akan diberangkatkan, pilih lah kapal yang besar, karena kapal yang besar umumnya dapat meredam gelombang laut. Kapal yang digunakan untuk penyeberangan Merak-Bakauheni  umumya berkapasitas besar sampai ratusan penumpang.
  4. Boarding lah segera agar  Anda dapat memilih bangku di bagian belakang kapal, karena untuk kapal berkecepatan diatas 20 knots umumnya bagian depan akan terangkat dan akan lebih terasa terbang sesaat.
  5. Usahakan untuk tidak memilih duduk di atas bagi Anda yang menaiki  kapal wisata antarpulau yang bertingkat (tingkat atas umumnya untuk nakhoda tapi biasanya tersedia juga tempat duduk penumpang). Sebaiknya Anda duduk di bagian bawah atau tengah, guncangan lebih terasa di bagian atas.
  6. Pilih lah tempat yang teduh tidak panas serta cari sirkulasi udara yang bagus, tidak pengap. Kalau bisa ruangan yang ber-AC.
  7. Cobalah untuk menenangkan pikiran,  jangan terbawa rasa takut. Umumnya  rasa takut akan timbul 5 menit sesudah kapal berangkat dan lepas dari dermaga.
  8. Bagi yang mulai terasa mual dan pening sebaiknya Anda mencoba menatap horison, tempat kepulauan yang jauh dan menarik napas dalam dalam secara taratur. Siapkan kantung plastik untuk muntah jika tak dapat dicegah. Kapal tidak akan berhenti walaupun anda muntah. Pasalnya  jika kapal berhenti, goncangan ombak akan menghantam badan kapal dan akan lebih mengakibatkan pusing dan mual.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda. Semoga perjalanan Anda menyenangkan

Diolah dari berbagai sumber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s